Posted by : materi Sunday, February 7, 2016



1.SEJARAH LINUX
   Sistem operasi linux awalnya di buat oleh Linus Torvalds ,seorang mahasiswa negaran Finlandia.Saat itu ,Linux merupakan proyek hobi yang terinspirasi dari minix,yaitu sistem UNIX mini yang di kembangkan oleh Andrew Tanen-Baum.

Linux versi 0.01 digarap pada Agustus 1991.Kemudian ,pada 5 oktober 1991 Linux mengumumkan versi resminya yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Seiring dengan berjalanya waktu ,Linux telah berkembang menjadi sebuah sistem UNIX yang sangat lengkap dan dapat digunakan untuk jaringan ,pengembangan perangkat lunak,bahkan untuk pekerjaan sehari-hari.

Saat ini linux telah menjadi alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah di bandingkan dengan sistem operasi komersial ,seperti Microsoft Windows.

Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat.hal ini dapat di mungkinkan karena linux di kembangkan oleh beragam kelompok orang,keanekaragaman ini termasuk tingkat pengetahuan,pengalaman,serta geografis.umunya,kelompok ini berkomunikasi lewat internet agar lebih cepat dan efisien.
 
Karena kernel linux di kembangkan secara bebas maka banyak aplikasi yang tersedia misalnya c-compiler yang menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project.Compiler ini banyak  di gunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun.

Saat ini ,bnayak apikasi linux yang dapat di gunakan untuk keperluan kantor seperti paket Open Office sendiri memiliki aplikasi pengolah angka ( spreadsheet),pengolah kata (word procecor),dan basi data (database).Aplikasi Open Office sendiri memiliki fungsi dan kemiripan secara grafis dengan Microsoft Office yang merupakan paket aplikasi komersial.Selain itu ,sudah tersedia juga bebeapa aplikasi untuk menggambar ,pengolah rumus,pembuatan program danlain-lain.

Linux dapat di peroleh dalam berbagai versi atau sering di sebut distro.Distro adalah paket kernel linux yang mencakup sistem dasar linux ,program instalasi ,perkakas dasar (basic tools),dan program bermanfaat lain yang sesuai dengan tujuan pembuatan distro .Saat ini banyak beredar distro linux diantaranya sebagai berikut:
 
a.ReadHat,distro ini adalah yang paling populer terutama di indonesia dan merupakan distro pertama yang instalasi dan pengoperasianya sangat mudah.

b.Debian,distro ini lebih mengutamakan kestabilan dan kehandalan meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program .Debian menggunakan deb dalam paket intstalasi programnya.

c.Slackware,merupakan distribusi yang terkemuka di dunia linux .Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarjan slackware .Slackware dari segi isinya(kernel,library,ataupun aplikasinya) sudah teruji dan sangat stabil.Selain itu Slackware umumnya di instal dari sumbernya langsung sehingga setiap program yang di instal memiliki tingkat kompatibilitas yang sangat tinggi dengan sistem operasinya.

d.SuSE,adalah distro yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) sebagai installernya SuSE merupakan distribusi pertama yang instalasinya dapat menggunakan bahasa indonesia.

e.Mandraker merupakan varian distro RedHat yang dirancang untuk komputer berprosesor pentium.Jika komputer kita menggunakan pentium ke atas ,umumnya linux dapat  berjalan lebih cepat dengan Mandrake .

f.WinLinux,distro yang dirancang untuk di instal di atas partisi DOS (windows).jadi dapat di jalankan langsung dari windows dan seolah- olah  merupakan suatu program aplikasi berbasis windows.

 Selain distro/versi di atas ,masih banyak distro linux lainya yang telah tersedia maupun yang akan muncul.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © materi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -